Selasa, 18 Desember 2012


                                                          Komputer dan Masyarakat

                                                                   

Saat ini Komputer telah mempengaruhi cara hidup kita, Bekerja, dan Bermain. Komputer tersebar Luas di semua Tempat dan secara virtual mempengaruhi setiap aspek kehidupan dunia kita dari makanan, Barang-barang gadget kita, bahkan Hingga sampai Mobil yang kita kendarai. Komputer di gunakan untuk menganalisa, mendiagnosis dan berkomunikasi.
Internet, Populasi yang selalu berkembang setiap detik nya juga telah ikut mengubah cara hidup kita dalam berkomunikasi, mendapatkan Informasi dan pengaruh Internet telah menyentuh banyak aspek karena gagasan dan informasi dapat di bagikan dengan mudah ke seluruh dunia.

Dalam hal ini, kita akan mempelajari dampak komputer ke terhadap Manusia juga efek nya terhadap Masyarakat dan Dunia secara luas. Komputer di gunakan di banyak area dan aspek, Kita perlu memahahmi bagaimana Komputer berfungsi dan bagaimana menggunakan komputer dengan aman. penggunaan Aplikasi untuk Komputer kemungkinan besar meningkat kan kinerja Komputer atau bisa juga sebalik nya malah mempercepat usia Komputer itu sendiri.

Efeknya terhadap Masyarakat dan Dunia akan terus Berlanjut dan Makin banyak orang juga Lapisan masyarakat yang mendapatkan akses ke komputer, juga mengerti arti pengertian akan Komputer itu sendiri.

Kita harus tahu dasar-dasar teknologi Komputer, baik Komponen fisik juga Fungsi-fungsi yang tercangkup dalam Komputer tersebut. Kita akan mengekplor berbagai hal tentang Komputer, Penggunaan nya, bagaimana, dan di mana, untuk apa, serta tahap-tahap nya. Ada banyak pekerjaan yang menggunakan Keyboard, Monitor, dan Mouse sehingga anda perlu tahu bagaimana menggunakan perangkat tersebut berjam-jam tanpa menggangu kesehatan anda. Petunjuk sederhana namun efektif akan dapat membantu adan menegah atau mengurangi masalahpada mata, pergelangan tangan Serta Leher juga Punggung anda.



Komputer di Kehidupan Kita

Sistem Komputer

Pengertian Komputer

Komputer adalah sebuah Perangkat yang di dalam nya terdapat Sistem Operasi yang membantu kita dalam menyelesaikan Tugas kita (seperti yang kita Kenal dengan Windows XP, atau Windows Vista yang saat ini tengah Booming dengan tampilan nya, juga ada Linux, Ubuntu dan Fedora 8.0 serta MAC OS) yang terdiri dari berbagai komponen seperti Motherboard, Soundcard, LANcard, RAM, DVD Drive, Floppy disk, juga Mouse dan Layar Monitor.
Printer juga termasuk perangkat tambahan untuk komputer. (Printer bersifat Menunjang untuk Hasil kerja Kita). Komputer memiliki empat fungsi yaitu :Input, Pemprosesan, Penyimpanan, dan Output. Komputer memiliki berbagai bentuk. Komputer juga dapat di letak an di setiap tempat atau sudut ruangan.


Input

Input adalah tindakan Mentransfer instruksi atau data ke dalam komputer. Data bisa dalam bentuk apa saja, Angka Binary, Gambar, Ketikan, bisa Juga Merupakan Masukan dari data-data yang ingin kita Proses hingga mencapai tahap Output, pada Operasional ini Pengguna Komputer Memasukan Angka-angka, data-data, ketikan, Gambar, dan data lain nya. Menggunakan Mouse dan Keyboard untuk Menunjukan Sementara pada Layar Monitor Hasil data Inputan kita tadi. Seperti Contoh : Tugas yang masih di kerjakan di Komputer atau pengeditan Gambar yang terlihat di layar Monitor Kedua-dua belum masuk tahap Proses Output atau yang biasa kita kenal dengan tahap Print. Perangkat-perangkat Input yang sudah kita Kenal adalah : Keyboard, Mouse, juga ada Scanner


Pemprosesan

Komputer mengedit data sesuai dengan Kumpulan Instruksi. Hasil nya adalah Informasi, Data yang di susun dalam cara yang tertata. Manipulasi data ini dikenal dengan Istilah Pemprosesan. Kumpulan Instruksi untuk Menyelesaikan Sebuah Tugas yang dapat di ikuti Oleh Komputer di sebut Algoritma. Penulisan algoritma untuk komputer di sebut Pemograman. Ada berbagai macam bahasa pemorgraman di antara nya C++, Cobol, JSP, Javascript, dan Oracle.

Penyimpanan

Pada Tahap ini, tentu saja Komputer harus memiliki yang nama nya Harddisk, Harddisk Merupakan sebuah Perangkat tempat untuk menyimpan data-data Komputer Serta data-data Kita. Harddisk bisa kita ibaratkan dengan ”Tas” tempat kita menyimpan semua pekerjaan kita di Kantor. Jenis Penyimpanan terbagi menjadi dua Yaitu :

A. Penyimpanan Primer (Memory)

Ada duaJenis Memory pada Komputer :
1. Eraseable Programmable read-only Memory (EPROM)

Jenis Memori ini berisi Instruksi-instruksi yang di gunakan Oleh Komputer ketika ia Menyala dan Berkomunikasi dengan Komponen-komponen internalnya.


2. Random Access Memory (RAM)

Pada Jenis Memori in, Chip Prosesor memanggil data dari Memory, Memproses dan Mengembalikan nya ke Memory. RAM di rancang agar sesuai dengan Prosesor, juga waktu yang di perlukan untuk membaca dan menulis data ke dalam Prosesor di ukur dengan nanosecond milyar per detik, Kapasitas nya di ukur dengan Megabyte. Sekarang telah ada Memori RAM dengan kapasitas Gigabyte. Dan tengah di kembangkan dengan kapasitas Terabyte

B. Penyimpanan Sekunder (Memory)

Ada tiga jenis Piranti Penyimpanan Sekunder, yang di kelompokan menurut teknologi yang di gunakan untuk menyimpanan data nya.

1. Media Magnetik
Membungkus Material pada sebuah disk dapat merekam dan menyimpan data dengan menarik titik kecil pada disk dalam suatu arah atau Sebalik nya.
2. Media Optik
Data dapat di rekam dalam bit kecil pada permukaan disk.
3. Flash Memory
Tidak seperti kedua Memory di atas, Flash Memory tidak mempunyai bagian-bagian yang bergerak atau berpindah. (Contoh: Flashdisk)


Output

Output juga di kenal dengan Hasil Akhir sebuah Pekerjaan, atau Hasil dari Pemprosesan data. Output harus di laporkan kepada pengguna Komputer dengan menggunakan cara menampilkan hasil kerja sementara di layar Monitor, dan Kemudian di Print, Print adalah Tahap akhir dari Output, Printer adalah Perangkat untuk mencetak hasil kerja permanen dari Pengguna Komputer.


Dampak Positif Komputer di Berbagai Bidang


1 . Bisnis dan Pemerintah

Semua Jenis organisasi Menggunakan Komputer secara Ekstentif untuk mengelola data Komunikasi, data Keuangan, dan Proyek-proyek. Berikut ini ada Beberapa Contoh Bagaimana Komputer di gunakan Dalam Bisnis dan Pemerintah
- Dokumen Negara
- Keuangan Negara
- Database
- Manajemen proyek pembangunan



2. Pendidikan

Penggunaan Komputer dan Internet Sekarang tidak terbatas pada Siswa dan Mahasiswa. Komputer dan Internet juga memepengaruhi Pendidikan di tingkat lebih tinggi, di mana Siswa dan Mahasiswa dapat mengikuti Pelajaran secara Online, jika memang keadaan nya tidak memungkin kan untuk melakukan kegiatan Belajar seperti biasa nya.

3. Kesehatan

Bidang Kesehatan Menggunakan Komputer sebagai alat untuk Mendiagnosis dan Memberikan Treatment (Pengobatan)

4. Militer

Bidang Militer Kini sudah Mengandalkan Teknologi tinggi untuk Meningkatkan efektifitas dan Keamanan. Di Negara-negara Maju seperti Amerika Serikat, Jepang, Korea, dan Lain nya telah mengaplikasikan Teknologi Komputer dalam meningkat kan Sistem Keamanan dan juga Sitem Kinerja Militer itu sendiri untuk Upaya mejaga ketentraman dan juga Kenyamanan Masyarakat nya.

5. Transportasi

Bagi Industri Transportasi saat ini, Komputer memberikan banyak kemudahan, dengan Kemampuan nya untuk Mengolah Fleet (Iring-iringan Kendraan atau Kereta, atau Armada). Dengan Komputer Mereka mampu melacak Lokasi dan Pengendara kendaraan (Supir/Driver), untuk membantu memelihara keamanan dan mengefisiensikan Operasi Mesin, juga untuk Mengontrol Lalu Lintas, dan bisa juga untuk Melakukan Reservasi.


6. Rekreasi

Orang Menggunakan Komputer untuk Hiburan maupun untuk Bekerja. Mereka dapat Menggunakan Komputer untuk mesimulasi Game bagi para Pecinta Game yang mungkin berada di ruang yang sama di manapun di Dunia.


Tips bagi Pengguna Komputer


Posisi Atas ke Bawah (Vertikal)

Beban Leher yang menjadi Tumpuan Kepala tentu akan Menjadi Tegang (Stress) pada bagian ini, Jika Anda Menggerakkan Kepala anda ke depan sehingga tidak Langsung berada di atas punggung. Maka otot Leher anda harus bekerja lebih keras untuk menompang berat kepala anda. Dan otot-otot di antara ruas tulang belakang pada punggung anda akan tertekan, yang mengakibatkan sakit punggung. Jika anda bergerak maju dan condong ke arah kanan atau kiri untuk melihat dokumen pada meja, masalah stress dan tekanan bahkan lebih buruk. Sangat lah penting memilih Bekerja yang menjada kepala anda dalam Posisi tegak tepat di atas punggung anda.



Posisi Kiri ke Kanan (Horizontal)

Pada Posisi ini, Keyboard memegang kunci Penting, Kebanyakan Keyboar yang di gunakan komputer desktop memiliki sekelompok kunci di bagian kanan (Angka, Panah, Enter, dan Fungsi-fungsi Khusus lainnya). Keyboard sering di tempatkan dengan pusat kunci alphabet yang umum di gunakan berada di bagian kiri, bagian Pusat. Untuk mengetik dalam Posisi ini, Pengguna Komputer harus mencondong kan bahu nyake kiri.

Mouse, Kebanyakan orang menggunakan Mouse dengan tangan Kanan, Artinya mereka bisa menaruh Mouse di sebelah kanan Keyboard. Jika anda memindahkan Mouse ke Kiri agar Tombol-tombol Huruf dan Mouse menjadi terpusat, Bagi anda yang biasa beraktivitas dengan tangan Kiri, tentu anda tidak perlu berusaha keras untuk menjangkau Mouse, bahkan Malah Memudahkan anda beraktivitas dalam menggunakan Komputer, Tapi bagi kebanyakan Orang yang Menggunakan tangan Kanan tentu ini akan menyusahkan si Pengguna untuk bekerja. Ada beberapa Pilihan yang bisa anda Pilih dan Pelajari, Belajar atau Biasakan menggunakan Mouse dengan tangan Kiri, Bagi anda pengguna Tangan Kanan, atau anda bisa juga memperlajari Shortcut-shortcut di Keyboard, Bagi anda Pengguna tangan Kiri.

Semua itu tentu kembali ke anda sebagai Pengguna Komputer, Kedua teori di atas membantu anda untuk tidak terlalu sering terlepas dari keyboard atau menjangkau Mouse, Yang mungkin menghemat Waktu anda dalam mengerjakan Tugas atau sekedar Surfing dan Browsing di Internet.



 PENCITA: d'lupitalopezzzz

Tidak ada komentar:

Posting Komentar